SDN di Kota Madiun Dipasang CCTV, untuk Tangkal Pencurian Komputer

SDN di Madiun Dipasang CCTV, untuk Tangkal Pencurian Komputer

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Madiun, Jawa Timur berencana membeli sejumlah unit CCTV untuk semua SDN di Madiun. Hal tersebut dilakukan setelah maraknya pencurian komputer dan laptop. Meskipun dari 56 SDN se Kota Madiun, baru sebagian yang sudah memasang kamera CCTV.

Rencana pembelian CCTV ini muncul setelah adanya peristiwa pencurian 15 unit komputer di SDN 02 Winongo beberapa waktu lalu. Rencana ini dibenarkan oleh Sekretaris Disdik Kota Madiun, Heri Wasana. Menurutnya, rencana pemasangan CCTV ini sedang diusulkan.

Baca Juga : Pasar Baru Tanjungpinang Dipasangi CCTV Berhasil Menangkal Pencurian

Ia mengatakan, rencana pemasangan merupakan tindak lanjut dari masukan para kepala SDN. Namun pihaknya masih menggodok masukan tersebut dan melihat kebutuhannya. “Saat ini sudah ada sekolah yang memasang kamera CCTV. Untuk jumlahnya berapa saya kurang tahu,” jelasnya.

Rencananya, pengadaan kamera CCTV akan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Seandainya memang kebutuhan mendesak, akan diusulkan pada anggaran perubahan tahun ini. Sebagai langkah antisipasi, semua petugas kebersihan dan penjaga sekolah sudah dikumpulkan untuk membahas perubahan mekanisme penjagaan sekolah.

Baca Juga : Pemkab Bolmong Menerapkan Sistem Absensi Pendeteksi Wajah

Selama ini, ungkap Heri, sebagian penjaga sekolah hanya bertugas mengawasi hingga pukul 00.00 WIB. Walaupun saat ini di setiap sekolah terdapat belasan unit komputer baru bernilai puluhan juta. “Kami sudah meminta kepada penjaga sekolah dan petugas kebersihan agar meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya. Ia pun meminta penjaga sekolah dan petugas kebersihan secara bergantian menjaga sekolah 24 jam.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *