Pemprov DKI Memantau PKL Tanah Abang Dengan CCTV 360 Derajat

Pemprov DKI Memantau PKL Tanah Abang Dengan CCTV 360 Derajat

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera memasang perangkat CCTV 360 derajat di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. CCTV itu akan diaplikasikan untuk memantau kondisi keamanan kawasan yang diisi oleh para PKL setiap saat.

Baca Juga : Penerapan Sistem Tilang CCTV Mendapat Restui Dari PT DKI Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, mengatakan kawasan Tanah Abang selama ini belum bisa terpantau oleh CCTV. “Kita akan pasang, ini belum ada CCTV-nya, kita akan pasang CCTV-nya. Pokoknya harus 360 kita berkeinginan setiap tempat itu tidak ada yang tidak ter-cover,” ujar Sandiaga ketika meninjau kawasan baru PKL di Tanah Abang, Jl Jatibaru Raya, Jakarta Pusat, Selasa (26/12/2017).

Sandiaga menerangkan, kamera CCTV itu nantinya tak hanya untuk memantau keamanan di sekitar, namun juga memantau penataan PKL di kawasan itu. “Semua 360 (derajat) dan ini juga bukan hanya dari segi penataannya, tapi untuk juga dari segi keamanannya,” ujarnya.

Terkait dengan PKL Tanah Abang, Sandiaga menegaskan tidak boleh ada pungutan liar. Jika terjadi, sangsi hukuman tegas akan dikenakan. Kita tegas saja. Apabila kemarin kita telah setuju, begitu dibenahi masih ada yang melanggar kita tegas. Dan kita telah sampaikan juga tak boleh ada lagi pungutan dan seandainya ada pungutan, baik itu tenda maupun kebersihan, kita akan tindak tegas,ujarnya.

Baca Juga : Agar Terbaca CCTV, Polri Akan Mengubah Warna Nopol Kendaraan

Namun Sandi tidak mengatakan sanksi tegas seperti apa yang dimaksud. Tak hanya pungli, Sandiaga juga meminta pedagang yang masih memanfaatkan trotoar untuk berjualan juga harus ditindak.

“Nah dari segi untuk pertama nih untuk pungutan kita akan beri sanksi sesuai dengan ketetapan dan peraturan. Dan jika untuk PKL yang masih di trotoar seperti ini tentunya kita harus pindahkan, kita wajib sterilkan ini trotoar,” kata Sandi.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *