Pasang CCTV PTZ guna Awasi Kemacetan di Pasar Koto Baru

Pasang CCTV PTZ guna Awasi Kemacetan di Pasar Koto Baru

Teknologi sistem keamanan terkini diterapkan oleh jajaran Ditlantas Polda Sumatera Barat untuk memantau kemacetan arus lalu lintas di Pasar di Koto Baru Tanah Datar, Jalan Padang Panjang-Bukittinggi. Perangkat teknologi tersebut yakni pemasangan sebuah CCTV berjenis pan, tilt, zoom (PTZ).

“Kami sudah pasang CCTV PTZ dan sudah mulai berfungsi secara real time selama 24 jam. Ini menjadi CCTV terjauh dari pusat RTMC Ditlantas Polda Sumbar,” kata Ditlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Singgamata, Selasa (17/4/208) di Padang.

Baca Juga : Pasang 80 titik CCTV,Guna Intai Pelanggar Lalu Lintas di Kalsel

Ia menjelaskan, CCTV PTZ ini untuk membantu usaha lain untuk memperlancar lalu lintas, yakni menempatkan para petugas Satlantas di titik kemacetan dan memfungsikan lahan parkir. “CCTV dipantau dari ruang RTMC. Kami dapat melihat langsung kelancaran arus lalu lintas di Pasar Koto Baru. Secara bertahap kami pasang CCTV di Pasar Padang Lua Agam,” tuturnya.

Singgamata menambahkan, CCTV pemantau arus lalu lintas di Pasar Koto Baru ini termasuk canggih dan pertama kali diterapkan oleh Ditlantas Polda Sumbar. Sebab kamera ini bisa dizoom (diperbesar) hingga melihat pelat nomor kendaraan dan bisa berputar 360 derajat. “Walaupun hanya baru satu unit CCTV PTZ yang dipasang di sana. Namun dapat memantau arus kendaraan, baik dari arah Padang maupun arah Bukittinggi,” pungkasnya.

Baca Juga : Pantau Lalu Lintas, Dishub Balikpapan Pasang 19 CCTV

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *