CCTV Pemantau Lalu Lintas di Pacitan Akan Ditambah

CCTV Pemantau Lalu Lintas di Pacitan Akan Ditambah

Sebanyak tiga unit CCTV baru akan langsung dipasang oleh Polres Pacitan dalam waktu dekat. Penambahan CCTV ini dikerjakan untuk memantau arus lalu lintas, khususnya di jalanan yang rawan kemacetan dan kecelakaan.

Ketiga lokasi rawan yaitu yang pertama Jl. Tentara Pelajar sebagai tempat rawan kecelakaan, kedua  Jl. Jenderal Sudirman ruas Pasar Arjowinangun sebagai tempat rawan kemacetan, dan yang terakhir sekitar perempatan Penceng sebagai rawan pelanggaran lalu lintas.

Kasatlantas Polres Pacitan, AKP Hendrix K. Wardhana, mengatakan kamera pemantau hal yang demikian diinginkan bisa menolong tugas polisi untuk menyelidiki pelanggaran ataupun kecelakaan lalu lintas. “Kita upayakan ada tiga spot, di mana satu tempat rawan kecelakaan, satu tempat rawan pelanggaran, dan satu tempat rawan macet,” tutur Hendrix, belum lama ini

Ia menerangkan pemasangan kamera CCTV baru ini untuk melengkapi perangkat serupa yang sudah ada dan dioperasikan Dinas Perhubungan Kota Pacitan. Tetapi, untuk kamera CCTV lama mempunyai fungsi memantau kepadatan arus lalu lintas.

Padahal kamera dari Polri, kata ia, bisa mencatat lebih mendetail identitas kendaraan yang melintas. Kecuali itu, rekaman yang dibua bisa menjadi data penyokong bagi petugas dalam membongkar kejadian kecelakaan.

“Apabila ada kejadian dapat terpantau pelanggarnya siapa, dengan kendaraan apa, nomor polisinya bagaimana, dan juga kendaraan itu pantas jalan atau tak pantas jalan. Jadi [kamera CCTV] benar-benar mempermudah kita,” tuturnya.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *